Yamaha Kuasai Pasar Eksport
Kategory : Umum
OTOFINANCE, Jakarta - Selain gencar merangsek pasar domestik, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), juga membidik pasar ekspor. Jika di pasar domestik hanya menguasai sekitar 44% per Agustus 2010, untuk urusan ekspor, Yamaha jadi rajanya.
Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Agustus 2010, total ekspor sepeda motor Indonesia yang mencapai sekitar 17 ribu unit, 59% diantaranya disumbangkan produk Yamaha.
Honda yang merajai pasar domestik, justeru tak berbicara banyak di pasar ekspor. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor (AHM), tampaknya memang fokus di Tanah Air. Hal serupa memang dilakoni para ATPM yang lain. Maklum, kue sepeda motor domestik masih amat legit. Lagi pula, di setiap kawasan bertengger pabrik-pabrik terafiliasi.
Sepanjang delapan bulan 2010, ekspor Honda hanya sekitar 11% dari total ekspor Indonesia atau posisi keempat dari lima anggota AISI. Posisi kedua setelah Yamaha justru dipegang oleh TVS (16%), posisi ketiga Kawasaki (12%), dan paling buncit Suzuki (0,04%).
Kiprah TVS cukup menarik. Sepanjang Januari-Agustus 2010, ATPM prinsipal asal India itu, ternyata mengekspor sekitar 20% dari total penjualan periode tersebut. Berbeda dengan ATPM lain, seperti Yamaha yang hanya sekitar 0,45% dari total penjualan, Honda (0,08%), dan Kawasaki (3,64%). (Edo)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar